Press "Enter" to skip to content

PROGRAM WALI KOTA BANJARBARU JADIKAN KELURAHAN GUNTUNG MANGGIS TERBAIK SATU DI LOMBA INI

0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com –  Kelurahan Guntung Manggis Banjarbaru meraih penghargaan terbaik 1 lomba desa atau kelurahan tingkat Provinsi Kalsel 2023. Sesuai SK Gubernur Kalsel dan mewakili Kalsel pada lomba desa atau kelurahan tingkat regional.

Lurah Guntung Manggis, Zikru Rakhman mengatakan capaian ini tidak terlepas dari program dan dukungan Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin.

“Dukungan Wali Kota sangat besar terkait keberhasilan lomba kelurahan ini. Karena adanya program- program yang dijalankan ditingkat kelurahan, seperti program RT mandiri untuk peningkatan ekonomi pasca Covid 19,  Homecare untuk lansia, pelayanan berbasis elektronik, serta pemberian pelatihan UMKM berupa kerajinan rajutan yang dibina oleh ibu Ketua TP PKK Kota Banjarbaru,” katanya Senin (3/7/2023) pagi.

Adapun program atau inovasi yang di jalankan Kelurahan Guntung Manggis hingga memperoleh penghargaan terbaik 1 itu, antara lain :

1. Pelaksanaan Jemput Bola (Jebol) yaitu melaksanakan pendataan warga tidak mampu yang belum termasuk dalam data DTKS dan penerima PKH untuk dapat dicarikan bantuannya melalui kerjasama dengan yayasan insan berkah mulia, serta pendataan rumah tidak layak huni untuk dapat dibantu dalam hal renovasinya.

2. Minggu Babarasih (Mibar)
Pelaksanaan program gotong royong  kebersihan lingkungan di tingkat Rt.

3. Sadar Pajak Dari Diri Sendiri (Sajari) yaitu dalam rangka peningkatan pendapatan pajak PBB dengan mencantumkan data lunas PBB tahun berjalan dalam setiap layanan kelurahan.

4. Konsultasi pelayanan melalui WA, yaitu program konsultasi masyarakat kepada petugas pelayanan melalui pesan daring, seperti menanyakan  persyaratan suatu layanan serta untuk pengaduan pelayanan di kelurahan.

5. Aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kelurahan dan Kecamatan (SIAPKK) yaitu program aplikasi yang bisa diakses secara online untuk mengurus salah satu layanan yang ada di kelurahan.

“Alhamdulillah, dengan melihat berbagai potensi dan inovasi yang disampaikan dengan penilaian data administrasi dilanjutkan verifikasi lapangan dan terakhir pemaparan langsung didepan tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi, Kelurahan Guntung Manggis mendapatkan predikat terbaik 1,” jelasnya.

Adapun penghargaan lomba kelurahan ditingkat provinsi sebelumnya sudah pernah didapatkan Kelurahan Guntung Manggis, yang terakhir bahkan sampai masuk 10 besar nasional, sehingga Zikru berharap pada tahun ini pihaknya dapat meningkatkan prestasi untuk dapat menjadi terbaik 1 ditingkat regional.

Bidikan terbaik 1 tingkat regional itu bukan tanpa alasan, sebab Zikru mengatakan pihaknya telah matang dalam mempersiapkan kelengkapan data.

“Terakhir pengumpulannya pada 3 Juli 2023. Apabila lulus 5 besar akan mempersiapkan kunjungan lapangan dari pusat dibeberapa titik lokasi yang sebelumnya sudah dijadikan lokus kunjungan. Kemudian kalau masuk 3 besar hingga pemaparan dipusat akan lebih menyiapkan kembali bahan untuk pemaparan,” cetusnya.

Terakhir, Zikru memohon doa dan dukungan masyarakat Banjarbaru khususnya Guntung Manggis agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam lomba tingkat regional.

“Hingga dapat jadi yang terbaik di tingkat Regional,” tuntasnya.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.