BAHAYA KABUT ASAP DAN KEMARAU, SIMAK TIPS JAGA KESEHATAN DARI RSDI BANJARBARU

0 0
Read Time:1 Minute, 1 Second

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Musim kemarau yang disertai kabut asap dapat menjadi tantangan bagi kesehatan kita. Untuk menjaga daya tahan tubuh, Kepala Instalasi Gizi RSDI Banjarbaru Adies Riyana, memberikan beberapa saran penting.

“Ketika udara tercemar oleh kabut asap, mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti wortel, bayam, tomat, jeruk, dan pepaya dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat polusi udara,” ucapnya, Rabu (4/10/2023)

Adies juga menekankan, pentingnya menjaga asupan nutrisi yang seimbang, minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi sumber protein berkualitas.

“Selain itu, menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan adalah langkah penting dalam menghadapi kabut asap,” katanya.

Terlebih lagi, katanya, untuk menjaga kesehatan paru-paru, memastikan tubuh tetap terhidrasi sangat penting. Adies menyarankan agar semua orang, terutama mereka yang rentan, seperti lansia dan anak-anak, mendapatkan perlindungan ekstra dan perawatan yang dibutuhkan.

“Dalam situasi ini, mengurangi aktivitas di luar rumah, menutup celah rumah dengan kain basah, dan menghindari merokok adalah tindakan yang sangat bijak,” ujarnya.

Namun menurutnya, jika seseorang mengalami kesulitan bernapas atau masalah kesehatan lainnya, segera mencari perawatan medis adalah langkah yang sangat disarankan.

“Jadi, di musim kemarau dengan kabut asap, perhatikan makanan anda, minum cukup air, dan jaga kebersihan tubuh Anda untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga,” katanya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *