Press "Enter" to skip to content

APLIKASI IDAMAN PUBLIK WUJUDKAN SISTEM SPBE

Last updated on 9 October 2023

1 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Pemerintah Kota Banjarbaru telah meresmikan aplikasi pelayanan masyarakat terbaru mereka yang diberi nama Idaman Publik. Inovatif dan diinisiasi oleh Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, aplikasi ini bertujuan untuk menghadirkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang efisien di Ibu Kota Kalimantan Selatan.

Aplikasi Idaman Publik dikelola secara langsung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dengan kolaborasi dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang beroperasi di Kota Banjarbaru. Aplikasi ini kini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store untuk pengguna perangkat Android.


Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, menyatakan bahwa, Idaman Publik memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat signifikan kepada masyarakat dan Pemerintah Kota Banjarbaru. Ini termasuk efisiensi dalam penyediaan layanan publik, meningkatkan transparansi, dan memberikan aksesibilitas yang lebih baik.

“Langkah ini juga sekaligus mendukung transformasi digital dan pemberdayaan masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi untuk kepentingan pribadi maupun bersama,” ujarnya, Minggu (8/10/2023).

Aplikasi Idaman Publik menyediakan beragam fitur yang memudahkan masyarakat, mulai dari pengurusan dokumen kependudukan, perizinan, hingga pendaftaran berobat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fasilitas pemantauan kualitas udara, akses CCTV, informasi harga pangan terkini, layanan sosial, serta layanan pelaporan dan pengaduan bagi warga Kota Banjarbaru.

Aditya juga mengakui bahwa aplikasi ini akan terus dikembangkan dengan menambahkan lebih banyak fitur. Hal ini diharapkan dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek pelayanan publik.

“Saya telah meminta Diskominfo Kota Banjarbaru untuk terus mengembangkan aplikasi ini. Segala kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan publik di lingkup Pemko Banjarbaru akan disediakan di sini,” ucap Wali Kota.

Selain itu, Aditya menjelaskan bahwa penerapan SPBE di Kota Banjarbaru menjadi kunci untuk meningkatkan kinerja birokrasi yang berdampak, terutama di era globalisasi. Hal ini akan memastikan bahwa Pemko Banjarbaru dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mewujudkan pemerintahan yang efisien dan berkelanjutan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mission News Theme by Compete Themes.