WALI KOTA AUDENSI BERSAMA TIM GEOPARK MERATUS

0 0
Read Time:1 Minute, 3 Second

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin melakukan audiensi dengan Tim Geopark Meratus, Jumat (10/12/2021) di Ruang Tamu Utama Wali Kota Banjarbaru. Wali Kota menyampaikan, perencanaan bahwa di Banjarbaru Kecamatan Cempaka di Pumpung ini akan di jadikan pintu gerbang untuk Geopark.

“Ini merupakan salah satu upaya kami untuk melestarikan pendulangan tradisional pendulangan intan disana dan ini mudah-mudahan bisa membawa kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian warga sekitar terutama warga Cempaka,” katanya.

Menurutnya, ini juga termasuk dalam upaya mitigasi banjir yang ada di Kota Banjarbaru, yang mana upaya mitigasi banjir ini membuat perencanaan dari lahan exs tambang PT Galuh Cempaka.

“Dan kebetulan posisinya tidak jauh dari perencanaan Geopark ini sehingga bisa inline dan tadi juga kami sampaikan desain mitigasi banjir kami,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Geopark Meratus Ali Mustopa mengatakan, Banjarbaru merupakan bagian dari kawasan Geopark Meratus yang deliniasi salah satunya adalah berada di kawasan Pumpung Kecamatan Cempaka.

Dikatakan Ali, Pumpung intan dicari masih dengan cara tradisional dan sebenarnya kawasan ini sudah terkenal dengan gaya menambangnya yang masih dengan cara tradisional.

“Karena itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Banjarbaru melalui pengembangan Geopark yang merupakan salah satu geotsite andalan yang kita akat dan tahun depan akan kita ajukan ke UNESCO menjadi anggota UNESCO global geopark untuk meratus,” ucapnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment