PEMKO BANJARBARU UJI COBA ANGKUTAN PERKOTAAN

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Pemerintah Kota Bajarbaru melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menjalankan uji coba dua rute baru angkutan kota, Kamis (17/11/2023). Keputusan ini merespon permintaan Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin setelah melakukan audiensi dengan Kementrian Perhubungan pada September lalu di Jakarta.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru,Abdul Basit mengungkapkan,  uji coba dilakukan dengan menggunakan bus milik Dishub.


“Pak wali Kota menghendaki penambahan rute dengan skema Buy The Seervice (BTS) yang dikelola oleh Kemenhub dengan pihak ketiga. Untuk itu kami melakukan uji coba rute lingkar utara dan lingkar selatan,” ujarnya.


Basit menjelaskan, rute koridor A akan berangkat dari Terminal Km 17 menuju jalan Gubernur Sarkawi, melewati jalan Golf, Bandara Syamsudin Noor, Pondok Empat Karang Anyar, jalan Nadhmi Adhani, Panglima Batur, hingga finish di terminal simpang Empat.

Sedangkan koridor B akan berangkat dari Terminal Km 17 menuju Liang Anggang, melewati jalan Trikora, pertigaan Palam, jalan Taruna, Pemprov, Cempaka, dan selesai di Simpang Empat.

“Uji coba ini kami lakukan untuk memetakan titik-titik kumpul masyarakat agar bisa memastikan letak pemberhentian. Jika potensi sudah cukup, bus milik Kemenhub akan beroperasi,” katanya

Lebih lanjut, Basit menjelaskan bahwa uji coba ini merupakan arahan dari Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan dan Direktur Angkutan Kemenhub RI, Suharto. Setelah dua minggu uji coba, penempatan halte dan penurunan penumpang akan dilaporkan kepada pihak provinsi dan Kemenhub.

“Untuk uji coba ini, dua bus milik Dishub digunakan. Setelah rute berjalan, Kemenhub akan mengambil alih operasional. Rute ini dibuat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mengurai kemacetan di jalan A Yani,” katanya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *