KENALI TIPS CEGAH DAN GEJALA TIPES DARI RSDI BANJARBARU

0 0
Read Time:1 Minute, 11 Second

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Demam tifoid atau yang lebih sering dikenal tipes merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi. Bakteri itu biasanya ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi. Selain itu, bakteri ini juga bisa ditularkan dari orang yang terinfeksi.

Tipes juga merupakan penyakit infeksi pada usus halus bersifat menular yang dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa.

Bagaimana cara mencegah penyakit tipes. Direktur RSDI Kota Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana mengatakan, salah satu cara mencegahnya yakni dengan cara menjaga kebersihan diri.

“Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh. Maka dari itu menjaga kebersihan lingkungan juga termasuk dalam salah saru pencegahannya,” ucap dr Danny, Sabtu (29/7/2023).

Selain itu, dilanjutkan dr Danny, penyediaan air minum yang bersih juga penting bagi manusia. Termasuk salah satu cara mencegah penyakit tipes.

“Lalu ada pemberian vaksin typhoid. Jenis vaksin ini diberikan pada anak-anak berusia di atas 2 tahun serta orang dewasa, dengan dosis pemberian sebanyak 1 kali suntikan, setiap 3 tahun,” katanya.

Menurutnya, berbagai gejala menjadi salah satu terkena penyakit tipes. Salah satunya demam yang tinggi dalam minggu pertama hingga suhu tubuh mencapai 38 hingga 40 derajat celcius.

“Gangguan saluran pencernaan, penurunan kesadaran dan pembesaran hati dan limpa,” ujarnya.

Masih kata dr Danny, bagi masyarakat yang ingin berobat maupun konsultasi terkait penyakit tipes, bisa saja langsung mengunjugi RSDI Kota Banjarbaru.

“Kami sediakan dokter spesialis khusus untuk menangani penyakit ini. Jadi masyarakat bisa saja langsung datang ke RSDI Banjarbaru,” katanya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *