STAF AHLI: BIMTEK UNTUK TIM EVALUASI PUG

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Pemko Banjarbaru Lesa Fahriana membuka acara Bimtek Pengarusutamaan Genser (PUG), Jumat (5/11/2021). Bimtek digelar untuk Tim Evaluasi PUG dan Sosialisasi Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak. Pada kesempatan itu, Lesa mengatakan perencanaan dan penganggaran responsif gender adalah instrumen untuk mengatasi adanya kesenjangan akses.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 5/2000, dilanjutkan Lesa, pengarusutamaan gender merupakan strategi mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender atau adanya diskriminasi.

“Kesetaraan gender menjadi salah satu aspek penting juga dalam peningkatan pembangunan. Pemko Banjarbaru tentu saja berkomitmen merealisasikan hak-hak perempuan di semua bidang pembangunan serta memperjuangkannya,” kata Lesa.

Lesa melanjutkan, tujuan Bimtek untuk evaluasi implementasi PUG untuk seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru yang direncakan digelar Desember 2021 mendatang.

Masih di tempat sama, Kadisdaldukcapil Kota Banjarbaru Hj Mahrina Noor mengatakan Bimtek diikuti 30 peserta dengan narasumber yang juga fasilitator PUG dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yusuf Setiandy, dan Noo Hikmah dari PUG Kalsel.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Hj Husnul Hatimah mengapresiasi kegiatan bimtek tersebut.