SILATURAHMI PEMKO BANJARBARU DENGAN WARTAWAN PERS ROOM

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Sejumlah kritik dan saran disampaikan para wartawan yang tergabung di Press Room Banjarbaru saat bersilaturahmi dengan Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin, dan Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono, Kamis (10/6/2021), di Aula Gawi Sabarataan, Balai Kota Pemerintah Kota Banjarbaru di Jalan Panglima Batur Nomor 1. Bertemu dengan para wartawan, turut mendampingi Wali Kota dan Wakil Wakil Wali Kota diantaranya Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru H Said Abdullah, Kadiskominfo Iwan Hermawan, Kadis PUPR Jaya Kreshna, Kadishub Ahmad Yani Makkie, Kadinkes H Rizana Mirza, Kadisdag Abdul Basid, Sekretaris Disdukcapil Saroha M Thoher dan Kabag Humas Dedi Soetoyo

Jurnalis SuratKabarDigital.com, Rudy Azhary mengatakan masih adanya sebagian Kepala Dinas maupun pejabat yang enggan dan sulit ditemui untuk dikonfirmasi. Padahal menurut Rudy Azhary, proses konfirmasi tersebut menjadi bahan atau sumber mengolah berita sebelum disebarluaskan ke masyarakat untuk menghindari informasi yang belum tentu benar adanya.

“Selain menjadi mitra pemerintah menyebarluaskan informasi pembangunan, kami juga menjadi bagian untuk mengawasi bagaiman pemerintahan itu diselenggarakan. Nah, jika Kepala Dinas atau pejabatnya sulit untuk dikonfirmasi atau diwawancarai, tentu menjadi catatan bagi kami,” ujarnya.

Masih dikatakan Rudy Azhary, pertemuan antara Pemerintah Kota Banjarbaru dengan para awak media diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin. Menurutnya, dengan pertemuan itu Pemerintah Kota Banjarbaru dapat melihat persoalan dari sudut pandang rekan-rekan media. Mulai dari perkembangan ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan, dan hal-hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan pemerintah daerah di setiap kebijakan.

Fahmi dari SCTV juga menyampaikan aspirasinya. Menurutnya, hubungan antara awak media dengan pemerintah daerah harus tetap terjalin baik. “Kami juga ingin membantu pemerintah daerah membangun. Namun jika sulit ditemui atau diwawancarai bagaimana hubungan itu menjadi baik,” ujar Fahmi menyemangati rekan-rekan lainnya untuk turut menyampaikan aspirasi dan sumbangsih pemikiran kepada Pemerintah Kota Banjarbaru.

Hal lain juga disampaikan jurnalis dari Kalimantan Post, Banjarmasin Post, KoranBanjar, dan Klik Kalimantan tentang perkembangan Aero City, aset daerah, penghargaan terhadap tokoh Banjarbaru, dan perkembangan pembangunan di bawah kepimpinan Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin dan Wakil Wali Kota Wartono.

Menanggapi yang disampaikan para wartawan, Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin menyambut baik kritik dan saran rekan-rekan media Press Room Banjarbaru. Menurut Wali Kota, para wartawan bukan hanya mitra kerja tetapi sudah seperti sahabat Pemerintah Kota Banjarbaru.

“Masukan dari kawan-kawan media sangat penting dan berarti bagi Pemko Banjarbaru. Kami tindaklanjuti segera, termasuk masih adanya sebagian pejabat yang sulit dikonfirmasi,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan, pertemuan dengan wartawan Press Room kali ini digelar di Aula Gawi Sabarataan secara istimewa sebagai penghormatan dan pengharaan para wartawan yang selama ini turut membantu menyebarluaskan informasi dan berita terkait kebijakan dan perkembangan pembangunan di Kota Banjarbaru.

“Kami sepakat apa yang disampaikan rekan-rekan media. Karena menurut kami konfirmasi dan wawancara menjadi bagian penting agar informasi atau berita menjadi valid dan tidak menjadi hoaks,” katanya.

Acara silaturahmi antara Pemerintah Kota Banjarbaru dirangkai dengan pemberian kaos bertuliskan Press Banjarbaru Juara kepada para awak media, pemutaran video hasil evaluasi dan monitoring 100 hari Wali Kota HM Aditya Mufti Ariffin dan Wakil Wali Kota Wartono. Agenda pertemuan dan silaturahmi antara awak media dan pemerintah kota direncakan digelar setiap bulan sekali dengan menghadirkan para pejabat terkait, termasuk para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangakat Daerah).