PEMKO BANJARBARU GELAR CSIRT

0 0
Read Time:1 Minute, 9 Second

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru menggelar kegiatan literasi pembentukan dan pengelolaan computer security incident response team (CSIRT), Senin (21/11/2022). Kegiatan dibuka langsung Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin.

Wali Kota mengatakan, CSIRT ini merupakan upaya percepatan implementasi penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Dalam hal pemenuhan aspek keamanan informasi serta pengembangan layanan keamanan Informasi dan tata kelola dalam rangka penyediaan layanan, penanggulangan, pemulihan, menanggapi insiden keamanan informasi di lingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru,” katanya.

Wali Kota melanjutkan, ada beberapa urgensi dari pembentukan CSIRT ini, selain dikarenakan insiden siber pada lembaga pemerintah yang semakin tinggi, juga untuk mengelola informasi yang relevan dengan insiden serta menyediakan pusat poin of contact.

“Semoga CSIRT mampu mewujudkan ketangguhan keamanan informasi pada sistem Pemerintahan berbasis elektronik. Semoga ini bisa melindungi data, menjaga data baik diserver. Termasuk juga data-data yang ada di Kota Banjarbaru, agar kedepannya bisa digunakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru, Asep Saputra mengatakan, dengan adanya pelatihan ini bagi para pengelola data dan informasi yang ada di SKPD bisa mengendalikan atau mengantisipasi terhadap serang siber.

“Diakhir-akhir ini memang luar biasa meningkat, jadi kami mengumpulkan mereka untuk menyamakan visi dan misi dalam rangka response untuk penanggulangan serangan siber,” ucapnya.

Masih kata Asep, dari kebanyakan gangguan atau serangan siber yakni permasalahan pada device atau perubahan website portal masing-masing SKPD.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Berita Terbaru

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment