LOKASI RAWAN BENCANA DI BANJARBARU

0 0
Read Time:1 Minute, 2 Second

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Sepekan terakhir sejumlah kawasan di Kota Banjarbaru diguyur hujan cukup deras disertai angin kencang, Rabu (16/3/2022). Bahkan tak jarang hujan mengguyur Kota Idaman hingga seharian lamanya.

Dikonfirmasi kesiapsiagaan bencana, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kota Banjarbaru Zaini Syahranie melalui Kepala Sub Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi, Hary Wibowo mengatakan beberapa wilayah masuk kategori siaga.

“Wilayah Cempaka, Sungai Tiung, kawasan Kemuning, Guntung Payung, dan Tambak Buluh di Landasan Ulin masuk kategori siaga,” katanya.

Selain curah hujan yang cukup tinggi, ditambahkan Hary, sejumlah saluran air atau drainase maupun gorong-gorong tidak terlalu besar sehingga rawan penyumbatan.

Menurut Hary, masyarakat hendaknya menggalakkan gotong-royong di lingkungan sekitarnya. Masih kata Hary, perihal kerusakan akibat bencana bukan kewenangan BPBD untuk memperbaikinya melainkan dinas terkait.

“Ada kategori rusak ringan, sedang dan berat. Kembali lagi harus memenuhi syarat sesuai peraturan tentang standar perbaikan. Fungsi BPBD sebatas koordinasi dan komando saja. Untuk eksekusi dan evaluasi itu ada dinas terkait,” katanya.

Hary menjelaskan, persoalan kesehatan adalah urusan Dinas Kesehatan, Dapur Umum adalah kewenangan Dinas Sosial, untuk infrastruktur seperti jalan dan jembatan urusan Dinas PUPR, jika permukiman warga maka urusan Dinas Perkim.

“Ada anggaran bantuan dari BTT, dananya besar. Namun, atas persetujuan Kepala Daerah karena anggaran bukan di BPBD,”ujarnya. (Ubai, red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment