KUNJUNGI PT SAMATOR, WALI KOTA BANJARBARU: JAGA STOK OKSIGEN DI RUMAH SAKIT

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, bersama Wakil Wali Kota Wartono, melakukan kunjungan ke PT Samator Surabaya, Rabu (29/9/2021). Aditya menyampaikan, kunjungan ini merupakan tindak lanjut pembicaraan antara Satgas Covid dengan Pimpinan PT Samator Gas Industri Banjarbaru yang berada di Landasan Ulin atas rencana penguatan instlasi liquid konsentrat oksigen. 

“Keberadaan PT Samator Gas Industri Banjarbaru yang ada di Banjarbaru menjadi piranti yang sangat penting bagi ketersediaan pasokan oksigen bagi Kota Banjarbaru dan Kalimantan Selatan,” katanya.

Berkaitan dengan penanganan lonjakan Covid-19, lanjut Wali Kota, ketersediaan oksigen bagi rumah sakit, termasuk Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan menjadi syarat penentu keberhasilan penanganan Covid-19. 

“Setiap pasien Covid-19 membutuhkan pasokan oksigen yang besar dan terus menerus dalam perawatannya,” ucapnya.

Dalam kunjungannya, Wali Kota beserta jajarannya langsung diterima oleh Heyzer Harsono beserta jajaran PT Samator Health. PT Samator mendukung upaya peningkatan kapasitas produksi liquid konsentrat oksigen.

Terkait dengan peningkatan kapasitas produksi oksigen, Pemerintah Kota Banjarbaru siap mendukung dan membantu PT Samator dalam pembangunan pabrik instalasi liquid konsentrat oksigen di Kota Banjarbaru. 

“Dengan pembangunan pabrik ini dipastikan akan menjamin kebutuhan liquid konsentrat oksigen dan akan mampu memenuhi kebutuhan untuk provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah,” ujarnya.