KESBANGPOL BANJARBARU SOSIALISASI BELA NEGARA UPAYA TANGKAL HOAKS

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru – Asisten I Pemko Banjarbaru, H Fahrudin membuka Sosialisasi Pendidikan Karakter Bela Negara (PKBN) di Aula Gawi Sabarataan, Kamis (3/6/2021). Ia menyebutkan, bela negara penting sebagai daya tangkal bangsa terhadap berbagai ancaman pertahanan negara, di antaranya untuk menangkal hoaks, terorisme, radikalisme serta ancaman terhadap ideologi Pancasila.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika dalam suatu wadah NKRI guna meningkatkan kesadaran bela negara,” kata Fahruddin.

Kepala Badan Kesbangpol Banjarbaru Abdul Malik juga mengatakan, Pelaksanaan sosialisasi ini untuk 10 peserta dibagi 2 sesi, yakni hari ini dan besok masing-masing terdiri oleh 50 peserta dari berbagai macam organisasi masyarakat dan Camat serta Lurah di Kota Banjarbaru.

“Kegiatan rutin ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya cegah dini serta antisipasi terhadap segala bentuk ancaman yang akan menggangu stabilitas keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan di wilayah Kota Banjarbaru,” ujarnya.

Ditambahkannya, PKBN adalah segala usaha, tindakan dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan, pendidikan atau pelatihan kepada warga negara guna menumbuhkembangkan sikap dam perilaku serta menanamkan nilai dasar bela negara. “PKBN dilaksanakan dalam ruang lingkup pendidikan, masyarakat dan pekerjaan yang berupa seminar, lokakarya, penyuluhan, diskusi interaktif dan yang lain,” ucapnya.

Reporter: Randi