EMI LASARI: TIDAK MASALAH

23 May 2021 0 By redaksidcs

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Sejumlah tempat kulineran terlihat sudah mulai menjamur di kawasan bantaran Sungai Kemuning Banjarbaru, yang notabenenya merupakan satu dari banyaknya destinasi objek wisata yang dimiliki oleh Kota Banjarbaru. Sebagai wadah mencari nafkah, masyarakat mengaku juga telah mendapatkan izin dari Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat untuk berjualan di kawasan tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang penjual yang enggan disebutkan namanya. Ia sendiri diketahui sudah berjualan sejak pertengahan bulan suci Ramadhan lalu dan merupakan warga asli sana. “Alhamdulillah santai saja kita jualan disini. Doakan semoga rame dan sukses,” harapnya.

Lokasi tersebut dipilih karena ia mengaku kebingungan mencari tempat akibat relokasi Pasar Bautung yang dilakukan Pemko beberapa bulan lalu.

“Sejak adanya pemindahan pasar kami sempat bingung mau kemana. Tapi Alhamdulillah kita dapat tempat di sini dan nyaman. Deket dari rumah dan sudah ada izinnya,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III DPRD Kota Banjarbaru, Emi Lasari mengaku tidak masalah dengan menjamurnya tempat kulineran di kawasan bantaran Sungai Kemuning ini.

“Daerah sungai kemuning kan sudah di tetapkan sebagai kawasan wisata oleh pemerintah kota karena ada fasilitas taman. Jadi masyarakat yang berwisata di sana akan bisa menikmati kuliner juga,” ucapnya melalui keterangan tertulis.

Kendati demikian, idealnya tumbuh kembang kawasan wisata kuliner menurut Emi mestinya tak luput dari perhatian Pemerintah Kota. Sehingga lokasi wisata tersebut dapat lebih tertata dan rapi, termasuk juga kebersihannya. “Dari sisi sajian menu di utamakan memang makanan lokal yang tentunya bisa membuat orang merasa kekhasan dari tempat wisatanya,” tutur Emi.

“Dan bentuk bangunan sentaral kuliner idealnya ada ke khasan dan penyeragaman, agar secara estetika mendukung keberadaan tempat wisata,” tambahnya.