TENTANG KABUT ASAP DI BANJARBARU, WALIKOTA: ITU KIRIMAN DARI LUAR

0
Proses penanggulangan kebakaran melalui jalur udara dan darat yang berdekatan dengan kawasan Bandara Sjamsudin Noor, Jumat (13/9) menjadi tontonan anak-anak di kawasan tersebut.

BeritaBanjarbaru.com – Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, Jumat (13/9) mengatakan, menebalnya kabut asap di beberapa wilayah di Kota Banjarbaru dalam beberapa hari ini disebabkan asap kiriman luar daerah.

“Tadi saya mendapat informasi dan laporan dari Kodim, memang ada beberapa titik api di Banjarbaru. Tetapi, prosentasenya dibandingkan dengan Banjarbaru lebih banyak asap kiriman,” ujar Walikota usai rapat koordinasi penanggulangan kabut asap.

Sedangkan laporan yang diberikan Wakapolres diterangkan Walikota, kiriman kabut asap terbanyak berasal dari Kabupaten Tanah Laut.

Alasan lain penyebab tebalnya asap di sekitaran Bandara Sjamsudin Noor, kata Walikota adalah hasil kebakaran di hari sebelumnya. Dan, terjadi saat tekanan udara mengalami penurunan.

Meskipun petugas telah disiagakan di beberapa posko, ujar Walikota, Banjarbaru masih terkendala alat penanggulangan. “Persoalan perencanaan itu, bagaimana SKPD meyakinkan TAPD dan Badan Anggaran bahwa anggaran yang diperlukan memang besar. Kalau seperti ini kan, perencanaan tahun ini tidak memerhitungkan tahun ini,” kata Walikota.

Melalui rapat koordinasi yang telah dilaksanakan, Walikota berharap, persoalan dapat diantisipasi lebih baik lagi tahun depan. (Rudy Azhary)