PERPUSTAKAAN DAN CADANGAN PANGAN JADI PERDA

0

BeritaBanjarbaru.com – Dua rancangan peraturan daerah (Raperda) Kota Banjarbaru ditetapkan menjadi peraturan daerah (Perda) dalam rapat paripurna DPRD Kota Banjarbaru. Kedua Perda baru itu mengatur tentang penyelenggaraan perpustakaan dan penyelenggaraan cadangan pangan daerah, Senin (2/9).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Banjarbaru H AR Iwansyah didampingi Wakil Ketua DPRD Wartono dan Neni Hendryawati serta dihadiri Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan dan jajarannya.

Rapat paripurna juga mendengarkan laporan akhir Raperda yang disampaikan masing-masing juru bicara. Laporan pertama disampaikan Jumli Hasan, juru bicara sekaligus Ketua Pansus A mengenai Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan.

Jumli Hasan mengatakan, Pansus A telah melakukan rapat sebanyak lima kali dengan eksekutif. Diperkuat pengayaan wawasan melalui kunjungan kerja ke beberapa dinas terkait. Seperti Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

Dengan hasil itu, kata Jumli Hasan, Pansus A merekomendasikan agar Raperda usulan Pemko Banjarbaru tentang  penyelenggaraan perpustakaan dapat disetujui untuk ditetapkan menjadi Perda Kota Banjarbaru.

Terkait Raperda Cadangan Pangan Daerah yang merupakan inisiatif DPRD, Juru Bicara Pansus B yang disampaikan H Muhammad Subakhi merekomendasikan agar Raperda tersebut ditetapkan sebagai Perda.

Dalam Raperda ini, Pansus B juga menggodok dan membahasnya dengan eksekutif. Termasuk berkonsultasi dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI di Jakarta, kunjungan kerja ke Pemko Tanggerang, Pemko Batu, dan ke Dinas Perdagangan Kota Surabaya.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani kepada wartawan usai rapat paripurna menyatakan, semua Raperda yang tersisa dapat terselesaikan sebelum pelantikan anggota DPRD Kota Banjarbaru yang baru. “Kita terima kasih, dua Raperda selesai tepat waktu oleh anggota DPRD Kota Banjarbaru periode 2014-2019 di sisa waktu lebih-kurang satu bulan lagi,” ujar Walikota.

Ketua DPRD Kota Banjarbaru H AR Iwansyah memastikan, semua Raperda akan dituntaskan sebelum akhir masa jabatan. “Kami (DPRD) Kota Banjarbaru akan menyelesaikan semua tugas dan kewajiban yang tersisa. Insha Allah, semua rampung dan tidak ada yang tertinggal,” ujarnya. (Rudy Azhary/Adv)