PASANG LAMPU ISYARAT DI KENDARAAN SIAP DITINDAK

PASANG LAMPU ISYARAT DI KENDARAAN SIAP DITINDAK

 

BeritaBanjarbaru.com – Pengguna kendaraan bermotor diingatkan untuk menaati peraturan lalu lintas, khususnya bagi pengendara yang masih menggunakan lampu storbo. Hal itu disampaikan Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya melalui Kasatlantas AKP Gustaf Adolf

“Sesuai perintah dan arahan pimpinan, kita akan lakukan penindakan bagi pemilik kendaraan bermotor yang masih menggunakan lampu strobo. Karena hal itu menyalahi aturan,” ujar Kasatlantas Polres Banjarbaru, Gustaf Adolf kepada www.beritabanjarbaru.com.

Penggunaan lampu strobo atau lampu isyarat di Indonesia sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 22/2009 tentang Lalu linta dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 59 ayat 1. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa penggunaan lampu isyarat dan lampu sirine berwarna merah, kuning dan biru hanya digunakan untuk prioritas. Lampu berwarna biru dan sirene untuk kendaraan bermotor petugas kepolisian RI, warna kuning tanpa sirene untuk kendaraan bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan prasaran lalu lintas dan angkutan jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan, dan angkutan barang khusus. Sedangkan lampuwarna merah digunakan untuk kendaraan bermotor tahanan, Pengawalan Tentara Nasional Indonesia, Pemadam Kebakaran, Ambulans, Palang Merah, Rescue, dan mobil jenazah. (Rudy Azhary)

BERITA BANJARBARU PENEGAKAN HUKUM