MESKI KURANG PERSONEL, POLDA KALSEL NAIK STATUS

MESKI KURANG PERSONEL, POLDA KALSEL NAIK STATUS

MESKI KURANG PERSONEL, POLDA KALSEL NAIK STATUS

 

BeritaBanjarbaru.com– Dimulai hari ini, Kamis (24/5), status Polda Kalsel yang sebelumnya Tipe B naik menjadi Tipe A. Ini artinya, Kapolda yang semula dipimpin perwira tinggi bintang satu (Brigadir Jenderal), kini berbintang dua (Inspektur Jenderal). Sebagai konsekwensi perubahan tipe itu, akan ada penambahan anggota sebanyak 9.000 personel di Polda Kalsel. Karena selama ini, personel yang ada masih kurang.

 

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin, Kamis (24/5) di Lapangan Mako Berimobda Kalsel, Guntung Manggis, Banjarbaru, mengukuhkan perubahan status Polda Kalsel itu. “Perubahan ini karena jumlah penduduk Kalsel mencapai 4 juta orang. Jadi sudah memenuhi syarat.  Selain itu, wilayah hukum Polda Kalsel yang mencakup hingga Selat Makassar adalah poros yang stabilitas keamanannya perlu dijaga,” ujar Wakapolri.

Mengenai masih kurangnya personel, menurut Wakapolri, akan dipenuhi secara bertahap. “Walaupun kurang 9000 personel, akan segera dipenuhi. Tapi karena semangatnya, tidak ada alasan. Dimana-mana Mabes Polri kekurangan personel 80.000 personel,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Wakapori menekankan Polri kini meningkatkan kualitas, bukan kuantitas. Di zaman IT seperti sekarang, ujar Wakapolri, keseimbangan antara sumber daya manusia dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Makanya saya tekankan tadi, bukan kuantitas tapi kualitas. Harus profesional. Tadinya di Indonesia, satu berbanding 500 warga. Kini menjadi satu berbanding 700 atau 800 warga. Yang penting anggota Polri itu profesional,” kata Wakapolri. (Rudy Azhary)

BERITA BANJARBARU PENEGAKAN HUKUM