LAHAN TERBAKAR TANPA PELAKU

LAHAN TERBAKAR TANPA PELAKU

 

BeritaBanjarbaru.com – Dalam beberapa hari terakhir, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Banjarbaru mulai berkurang. Walau luasan hutan dan lahan yang terbakar mencapai 428 hektare, hingga kini tak ada satupun pelaku pembakaran yang tertangkap.

Menurut Plt Kepala BPBD Kota Banjarbaru, Ahmad Nizami Syarif, Selasa (18/9), ada unsur kesengajaan dalam karhutla di Banjarbaru. “Terakhir lahan terbakar arealnya cukup luas, yaitu mencapai 9 Hektar. Lokasi di kawasan perbatasan Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut. Selain penanggulangan, kita berupaya keras menemukan pelaku untuk operasi tangkap tangan. Dari 428 Hektar, mayoritas terbakar sendiri. Namun, sebagian diduga ada unsur kesengajaan,” ujar Nizam.

Analisa sementara, ujar Nizam, titik api mayoritas bersumber dari tengah lahan. Sebagian bersumber dari tepian. Nizam mengharapkan adanya laporan jika ditemukan dugaan pembakaran  lahan.

Tahun 2018, Pemko Banjarbaru membentuk Tim Gabungan Khusus Penanganan Karhutla, terdiri dari BPBD Kota Banjarbaru, UPT Damkar, TNI dan Polri. Beberapa posko siaga juga didirikan untuk mempercepat penanggulangan. (Rudy Azhary)

BERITA BANJARBARU BIROKRASI PEMERINTAHAN PENEGAKAN HUKUM