DUA TAHUN MANGKRAK, PEMKO LANJUTKAN PASAR GALUH CEMPAKA

0

 

BeritaBanjarbaru.com – Pemko Banjarbaru berencana menyelesaikan pembangunan Pasar Galuh Cempaka yang beralamat di Jalan Mistar Cokrokusumo, Kecamatan Cempaka. Rencana itu disampaikan langsung Sekda Kota Banjarbaru H Said Abdullah, Selasa (10/9) di Balaikota. Turut mendampingi, Kabaghumas Dedi Soetoyo dan Kabid Pengelolaan Pasar Wahyudillah sebagai utusan Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru.

Sekda menjelaskan, terhentinya pengerjaan pembangunan pasar di Cempaka disebabkan persoalan administrasi.

“Kita akui, memang ada permasalahan administrasi, termasuk proses lelang. Dampaknya, terjadi keterlambatan proses penyelesaian pembangunan pasar Cempaka itu. Banyak waktu yang terbuang,” kata Sekda.

Mewakili Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Abdul Basid, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Wahyudillah mengatakan telah memulai proses pendataan para pedagang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru, ditambahkan Wahyudillah, akan menghadiri penandatanganan Berita Acara Serah Terima dan Naskah Hibah Barang Milik Negara yang akan digelar pada 12 hingga 14 September 2019 di el Hotel Royale, Bandung, Jawa Barat.

“Ada 140 daerah di Indonesia yang akan menghadiri acara serah terima itu. Termasuk Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru,” kata Wahyudillah.

Dalam press release yang dikeluarkan Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru 5 September 2019 yang ditandatangani Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Wahyudillah mewakili Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru Abdul Basid menyebutkan, sumber dana pembangunan Pasar Galuh Cempaka berasal dari Dana Tugas Pembantuan (TP) Kementerian Perdagangan RI 2017 sebesar enam miliar rupiah.

Berdasarkan SK Menteri Perdagangan RI No.1070/M-DAG/KEP/9/2017 (5 April 2017), PT Bina Karsyam ditetapkan sebagai pelaksana pekerjaan kontruksi pembangunan Pasar Galuh Cempaka. Dengan nilai kontrak termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 5.860.000.000 rupiah.

Dalam pengerjaannya, karena pertimbangan waktu, cuaca, dan faktor lainnya, dilakukan Addendum berisi tentang harga kontrak atau nilai termasuk PPN yang diperoleh berdasar kualitas dan harga satuan pekerjaan Rp4.770.301.000,- sesuai berita acara serah terima pekerjaan pada 29 Maret 2018.

Pasar Galuh Cempaka, ditetapkan sebagai bangunan prototype Kementerian Perdagangan RI, maka sesuai ketentuan penyelesaian bangunan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah ( Pemko Banjarbaru).

Dana penyelesaian bangunan sebesar Rp1.3000.000,- telah dianggarkan dalam APBD 2019 Kota Banjarbaru. Termasuk untuk sarana pendukung bangunan pasar sesuai ketentuan prototype Kementerian Perdagangan RI.

Seiring terbitnya Nota Dinas Menteri Perdagangan RI No.94/M-DAG/ NO/7/2019 pada 25 Juli 2019 perihal Persetujuan Hibah Barang Milik Negara berupa bangunan yang berasal dari Dana Tugas Pembantuan (TP) pada Kementerian Perdagangan RI dengan kode barang 1010901002 untuk Pasar Galuh Cempaka, dihibahkan kepada Pemko Banjarbaru.

Dengan target penyelesaian pembangunan, rampung pada bulan Desember 2019. Pasar Galuh Cempaka sudah dapat dioperasionalkan dan ditempati para pedagang.

Dalam isi lampiran surat Menteri Perdagangan RI No.94/M-DAG/ND/7/2019 (25 Juli 2019) tertulis, barang milik negara pada Kementerian Perdagangan y yang disetujui untuk dihibahkan kepada Pemerintah Kota Banjarbaru adalah Pasar Galuh Cempaka, Kode Barang 1010901002, NUP(-), Tahun Perolehan 2017, Bukti Kepemilikan (IMB), luas lahan 1.265 meter persegi, Nilai Perolehan Rp4.770.301.000, lokasi di Jalan Mistar Cokrokusumo, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kondisi (KDP). Surat lampiran ditandatangani atas nama Menteri Perdagangan RI oleh Sekjend Karyanto Suprih.

(Rudy Azhary/ Adv)