DOKUMEN DUKUNGAN TAK TERVERIFIKASI CALON PERSEORANGAN BISA GUGUR

DOKUMEN DUKUNGAN TAK TERVERIFIKASI CALON PERSEORANGAN BISA GUGUR

BeritaBanjarbaru.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru menggelar verifikasi faktual dokumen dukungan kepada calon perseorangan di Pilkada Banjarbaru 2020. Sebanyak 15.635 kartu tanda penduduk (KTP) yang disampaikan calon perseorangan mendukung pencalonannya, diverifikasi secara mendalam di lapangan sejak 29 Juni hingga 12 Juli 2020.

Jika Panwas Kelurahan yang turut dalam verifikasi menemukan ketidaksesuain data atau data yang diajukan tidak benar, calon perseorangan bisa gagal turut bertarung pada Pilkada Banjarbaru 2020.

“Verifikasi faktual dilakukan selama 14 hari hingga 12 Juli 2020. Verifikasi dilakukan per kelurahan di Banjarbaru. Pola verifikasi antara lain dengan menyesuaikan KTP yang disampaikan calon perseorangan sebagai dukungan pencalonan dengan fakta di lapangan. Ini dilakukan door to door apakah benar KTP itu ada atau diberikan pendukung atau tidak,” ujar Ketua KPU Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat.

Saksi verifikasi, ujar Hegar, melibatkan Panitia Pengawas Kelurahan. Mereka turun bersama tim dari calon perseorangan. Jika ada ketidaksesuaian data dukungan, itu berdampak pada pencalonan. Tidak menutup kemungkinan, calon akan gugur,” ujarnya kepada BeritaBanjarbaru.com, Selasa (30/6).

KTP yang disampaikan calon perseorangan, ujar Hegar yang juga mantan Direktur Walhi Kalsel itu, akan disertai pernyataan pemilik KTP bahwa benar yang bersangkutan mendukung calon perseorangan itu. “Pernyataan disertai meterai dan ditandatangani. Jika misalnya ada KTP ganda atau data tidak sesuai, atau ternyata pemilik KTP adalah ASN, anggota Polri, dan TNI, KTP tersebut tidak bisa digunakan sebagai dukungan,” katanya.

Dari verifikasi lapangan yang berlangsung 14 hari itu, ujar Hegar, akan digolongkan hasilnya. Apakah memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS). “Kami sangat berhati-hati dan maksimal dalam verifikasi ini. Karena kalau ada kesalahan, itu bisa berujung pada gugatan. Gugatan bisa datang darimana saja,” katanya. (Budi Kurniawan)

Related Post

CALON PERSEORANGAN PILKADA BANJARBARU YAKIN LOLOS
views 105
BeritaBanjarbaru.com – Menghadapi verifikasi faktual yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, calon perseorangan Edy Saifud...
TENTANG PEMERIKSAAN DIAGNOSIS, RSDI BANJARBARU BAN...
views 90
BeritaBanjarbaru.com – Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Kota Banjarbaru bekerjasama dengan Laboratorium Klinik Prodia selama pandemi Covid-19. Kerjasa...
RUKO BAGIAN DEPAN PASAR BAUNTUNG BANJARBARU HAMPIR...
views 99
BeritaBanjarbaru.com -- Bangunan ruko di bagian depan pasar yang dibangun di bekas Stadion Mini H Idak di Jalan RO Ulin, Banjarbaru hampir 1...
EVENT TAK BISA DIGELAR, TENAGA KONTRAK AKAN DIRUMA...
views 101
BeritaBanjarbaru.com – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat 20 event wisata yang sudah diprogramkan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga ba...
BERITA BANJARBARU POLITIK