BPBD BANJARBARU:14 RIBU HEKTAR TERBAKAR

0

BeritaBanjarbaru.com – Kecamatan Cempaka, Liang Anggang dan Landasan Ulin, masih menjadi titik konsentrasi Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru menanggulangi kebakaran hutan dan lahan 2019. Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kota Banjarbaru H Surya Noor mengatakan, khusus kabut asap di kawasan Bandara Sjamsudin Noor, berasal dari luar wilayah Banjarbaru.

“Jarak pandang masih normal. Kita kalkulasi, luas terbakar mencapai 20 hektar per hari. Total luasan terbakar 2019  sudah mencapai 14 ribuan hektar,” kata H Surya Noor, Senin (9/9).

Upaya koordinasi dengan pihak terkait pun terus dilakukan BPBD Kota Banjarbaru. Sederhana dan minimnya sarana dan prasarana pendukung, ditambahkannya, masih menjadi kendala.

Beruntung, BPBD Banjarbaru terbantu dengan keberadaan masyarakat peduli api (MPA) untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Banjarbaru.

“Jumlah luasan tak ada perubahan dengan 2018 lalu. Di 2019 ini, anggaran kita Rp700 jutaan saja. Kita sudah usulkan untuk penambahan, semoga membantu peningkatan sarpras,” katanya.

Dari pantauan BeritaBanjarbaru.com, dalam dua pekan terakhir, beberapa kawasan di Kecamatan Landasan Ulin dan Liang Anggang, kabut asap masih terlihat tebal. Upaya pemadaman pun tampak  dilakukan tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Baik  melalui jalur darat dan udara.  (Rudy Azhary)