ATRIBUT POLISI DISALAHGUNAKAN

ATRIBUT POLISI DISALAHGUNAKAN

BeritaBanjarbaru.com – Polisi menangkap seorang polisi gadungan, Kamis (16/1) malam, di kawasan LIK Kecamatan Liang Anggang. Dalam konferensi pers, Rabu (22/1) siang, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso melalui Kapolsek Banjarbaru Barat AKP Andri Hutagalung menjelaskan hasil berita acara pemeriksaan (BAP) pria berusia 38 tahun yang berdomisili di Jalan Taruna Praja Kelurahan Loktabat Utara ini.

Dari hasil BAP, dikatakan Kapolsek, pelaku bernama Budi alias Bahar dan bekerja sebagai karyawan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai petugas keamanan. Dalam aksinya, pelaku berpura – pura sebagai anggota kepolisian untuk memeras korban.

“Penyalahgunaan atribut Polri ini dengan modus melakukan razia lalu lintas tengah malam. Empat kali sudah melakukan aksinya. Ada dua orang. Pelaku lainnya sudah diketahui identitasnya dan berstatus DPO. Atribut yang digunakan, standart anggota Polri,” ujar Kapolsek kepada BeritaBanjarbaru.com di Mapolsek Banjarbaru Barat.

Pelaku, ujar Kapolsek, juga mengaku sebagai anggota polisi di daerah Pasar Panas Kalimantan Tengah, dan juga sebagai anggota polisi Banjarbaru.

Masih di Mapolsek, Budi alias Bahar mengaku terobsesi menjadi anggota kepolisian, dan mengetahui perbuatannya melanggar hukum “Tiga bulan sudah beraksi. Saya ingin sekali menjadi polisi. Dengan cara begini mudah sekali mendapatkan duit. Saya dengan teman saya saat beraksi. Hasilnya saya gunakan untuk hura – hura,” ujarnya.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya kaos berwarna coklat berlogo polisi, celana dinas polisi, ikat pinggang berlogo Tribrata, sarung HP dinas hitam, topi dinas polisi, lampu apil (isyarat) lalu lintas, rompi, sepatu dinas, dan alat kejut setrum. (Rudy Azhary)

BERITA BANJARBARU Berita Utama PENEGAKAN HUKUM