225 NAKES DI RSDI BANJARBARU PERNAH TERPAPAR COVID

Banjarbaru, BeritaBanjarbaru.com – Total warga Kota Banjarbaru dari awal tahun 2020 hingga Juni 2021 ini, yang pernah terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 5.236 orang, yang juga menyertai para tenaga kesehatan di Kota Banjarbaru. Kepala Bagian Tata Usaha RSD Idaman Banjarbaru, M Firmansyah mengatakan, sebanyak 225 tenaga kesehatan yang pernah terpapar dan 0 meninggal.

“Tenaga kesehatan yang terpapar adalah yang terlibat dalam penanganan pasien terpapar Covid-19 pada saat terjadi lonjakan kasus,” katanya Senin (21/6/2021).

Sejak April 2021, dilanjutkan Firman, RSD Idaman Banjarbaru sudah melakukan penyesuaian untuk pelayanan seperti mengurangi jam pendaftaran, meminimalkan kontak dengan pasien dengan membuat barier, mengatur waktu kerja petugas sehingga meminimalkan kelelahan.

“Termasuk penggunaan APD yang terus diingatkan untuk dipatuhi para tenaga kesehatan,” ucapnya.

Sedangkan untuk warga umum, cenderung mengalami kasus yang berat hingga harus di opname sampai 46 hari. “Kalau satu minggu sudah mulai ringan, bisa keluar dan berganti dengan pasien lain. Namun kalau masih tetap berat, walau sudah berpuluh-puluh hari, tetap harus dirawat,” kata Firman.