KADISDAG BANJARBARU: SAYA TAK GARANSI RELOKASI PASAR BISA 100 PERSEN


Banjarbaru,BeritaBanjarbaru.com – Usai rampungnya proyek pembangunan pasar yang baru di Jalan RO Ulin, Banjarbaru Selatan,desas-desus percepatan proses relokasi pedagang dan PKL Pasar Bauntung pun kembali mencuat.Hal ini mengingat masa periode masa jabatan Wali Kota Banjarbaru akan berakhir di Februari 2021,padahal awal Januari 2021 lalu, Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan mengatakan masih perlu proses evaluasi sebelum mengambil keputusan pasar baru diresmikan.

Terkait desas desus percepatan proses relokasi pedagang dan PKL Pasar Bauntung,Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Kota Banjarbaru Abdul Basid, Kamis (21/1/2021), di kantornya menjelaskan, banyak hal yang perlu dibicarakan dan dibahas ulang tentang proses relokasi para pedagang.

“Semula jadwal relokasi awalnya bertepatan hari jadi kota Banjarbaru, April nanti. Karena ada wacana dipercepat, tentu perlu proses lebih lanjut. Terkait pro kontra relokasi, Kadisdag tidak bisa garansi hingga hari jadi  april mendatang semua pedagang bisa direlokasi. Kalau hari jadi nanti dapat 80 persen juga syukur, kalau dipercepat saya tidak berani garansi,” ujar Kadisdag.

Menurutnya, persoalan relokasi pedagang Pasar Bauntung tidak dapat dikerjakan sendiri Dinas Perdagangan. Keterlibatan dan dukungan semua pihak terkait sangat diperlukan. “Kami akan melakukan dengar pendapat dulu dengan DPRD secepatnya. Banyak persoalan dan harus dituntaskan bertahap. Nah, apakah nanti sekedar peresmian gedung atau sekaligus merelokasi pedagangnya,” ujar Abdul Basid.